Sabtu, 12 Maret 2011

PERINGATAN HARI BUMI

Penyerahan rambu-rambu dan penyematan pin duta EFC (Enviromental Friendly Campuss) mewarnai pembukaan rangkaian acara hari bumi dan hari lingkungan hidup yangdiselenggarakan oleh fakultas Geografi. Perwakilan dosen dihadiri oleh Eko Haryono dan Joko Christanto. Dari pihak karyawan, diwakili oleh Pak Edi serta Pak Juminto. Sementara, pihak mahasiswa diwakili oleh Dhanisa Rifki Firmanda (KPJ’08). Suara-suara negatif seakan tak menyurutkan langkah pihak dekanat untuk tetap melanjutkan program EFC.

“Geografi melaksanakan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for sustainable development. Stigma tersebut diterapkan dengan program Environmentaly Friendly Campuss (EFC). Sayangnya, partisipasi mahasiswa terbilang masih kurang. Hendaknya program EFC dapat dilaksanakan dengan konsisten. Jika program ini sukses, maka laporan pengelolaan kampus ramah lingkungan akan dibukukan dan diserahkan ke rektorat untuk diterapkan di UGM”, demikian sambutan yang disampaikan dekan Fakultas Geografi UGM, Prof. Suratman, MSc pada upacara peringatan hari bumi dan lingkungan hidup 22 April lalu.


Acara peringatan hari bumi dan lingkungan hidup yang dilaksanakan di Fakultas Geografi rencananya akan berlangsung dari tanggal 22 April 2010 sampai dengan 5 Juni 2010. Berbagai rangkaian acara dipersiapkan untuk memeriahkan gelaran peringatan Hari Bumi  dan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Bersih kampus, Talk Show Lingkungan, Bersih Pantai, Acara Tanam 1000 Pohon, Emisi Day, dan kegiatan lain yang digawangi oleh berbagai UKM, HMJ serta BEM FGE diharapkan mampu meramaikan peringatan hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup.

Emisi Day yang dilaksanakan oleh BEM FGE sendiri telah berlangsung pada tanggal 22 April 2010. “program ini dilaksanakan agar semua mahasiswa dapat lebih menghargai lingkungan. Dengan diadakannya Emisi Day semacam ini, diharapkan dapat tercipta udara yang lebih bersih dan segar. Tidak hanya hari ini saja, harapannya emisi day dapat dijadikan batu loncatan agar dapat dilakukan pada hari-hari berikutnya,” ungkap Riza Fadholi Pasha (PW’09) selaku ketua Panitia Peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya, Agung Satriyo Nugroho selaku ketua BEM menyatakan bahwa aksi hari bumi tidak hanya diperingati di Fakultas Geografi saja. Berbagai aksi juga dilakukan oleh mahasiswa lain di seluruh Indonesia, baik aksi turun ke jalan, maupun kegiatan yang bersifat akademis. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa geografi peduli lingkungan. Agung juga mengharapkan, EFC yang telah dicanangkan di fakultas Geografi benar-benar bisa dilaksanakan secara konsisten agar keadaan lingkungan semakin membaik.(lina|geomedia)
arsip geomedia 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar