Sabtu, 12 Maret 2011

KOORDINASI 10 LEMBAGA MAHASISWA FAKULTAS GEOGRAFI UGM


Rapat koordinasi 10 lembaga merupakan rapat yang dilakukan kedua kalinya setelah 10 April 2010 yang lalu. Rapat ini bertujuan untuk menyatukan suara 10 lembaga mahasiswa yang berada di Fakultas Geografi UGM, diantaranya tiga Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yaitu ARDGISS (HMJ jurusan Sains Informasi Geografi dan Pengembangan Wilayah) , EGSA (HMJ jurusan Geografi Lingkungan), dan STARGIS (HMJ D3 GIS dan KPJ) serta tiga UKM (BKG,JMG,GSC,GEGAMA) dan Badan Semi Otonom (GEOMEDIA dan KMK) serta BEM KM Fakultas Geografi UGM.  Rencananya, Rapat Koordinasi yang akan berlangsung selama dua hari ini akan membahas mengenai pembentukan forum komunikasi mahasiswa, penyesuaian program kerja, Selain itu, ada pula presentasi kegiatan dari Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI)


Dalam presentasinya, Lutfi Mutha’ali mengatakan bahwa beberapa hambatan yang menjadikan mahasiswa tidak aktif dalam organisasi antara lain karena sistem normalisasi kehidupan kampus (Sistem SKS) dan kewajiban mahasiswa untuk cepat lulus, mendekonstruksi organisasi kampus. Selain itu, berkembang pula sikap pragmatis di kalangan mahasiswa (IP tinggi,Cepat lulus,Dapat kerja,dll). Namun, atmosfer organisasi di Fakultas Geografi sendiri semakin meningkat, dibuktikan pula dengan semakin banyaknya kegiatan mahasiswa yang terselenggara baik pada level lokal maupun nasional. Kedepannya, aktifitas keorganisasian mahasiswa geografi akan dijadikan sebagai nilai khusus untuk penerimaan beasiswa.  

Kegiatan mahasiswa merupakan kegiatan pergerakan yang mampu berpengaruh terhadap lini kehidupan akademis maupun non akademis, sehingga harus ditingkatkan. Terbukti, dari kegiatan mahasiswa yang produktif di Fakultas Geografi UGM, mampu menjadikan fakultas bumi tidak dipandang sebelah mata. “Saya terpilih menjadi wakil dekan berprestasi itu bukan karena saya sendiri, tapi karena prestasi kalian, para mahasiswa yang telah aktif dan produktif dalam berkegiatan baik di dalam kampus maupun di luar kampus...,” ungkap Luthfi Mutha’ali.

sumber: Presentasi Wakil Dekan III

Rapat koordinasi yang diprakarsai oleh BEM KM FGE tahun ini mampu menghasilkan matriks program kerja, penyepakatan anggaran biaya untuk masing-masing organisasi, serta peminimalan overlap kegiatan antar UKM/HMJ/BEM maupun BSO. [marul, annur| geomedia]
sumber: Presentasi Wakil Dekan III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar